boiler

Apakah itu Boiler dan Langkah Perawatannya

Apakah itu Boiler dan Bagaimana Langkah Perawatannya?

Pada pabrik dengan mekanisme perpipaan yang lengkap, boiler (ketel uap) ialah satu bejana tertutup yang berisi air untuk dipanaskan, boiler dapat dimisalkan sebagai jantung dari sebuah pabrik. Boiler (ketel uap) berperan untuk sumber tenaga dan sumber uap yang bakal dipakai untuk memproses produksi pabrik. Pada ulasan ini kali kami akan mengulas berkenaan boiler / ketel uap ini yang umumnya dipakai dalam pabrik untuk mengolah sebuah produk, umumnya dipakai pada pabrik kelapa sawit untuk produksi minyak goreng.

Apakah itu Boiler?

Boiler (ketel uap) adalah alat dari bejana untuk mengonversi energi dari air jadi uap dengan dipanaskan. Untuk evaporasi itu, panas yang diperlukan air dibuat dari pembakaran bahan bakar pada ruangan bakar boiler. Uap atau energi kalor yang dibuat boiler ini selanjutnya akan dipakai pada perlengkapan yang memerlukan uap seperti pada pabrik kelapa sawit khususnya untuk turbinnya.

boiler

Mengenali Elemen pada Boiler

Elemen boiler sebagai seperangkatan alat atau kesatuan unit yang ada di bagian boiler. Tiap komponennya punyai peranan yang berbeda tapi sama-sama tersambung dengan elemen yang lain seperti jalur prosesnya. Untuk ketahui dengan jelas langkah kerja sebuah boiler, Anda perlu tahu tiap peranan elemen pada boiler.

Di sini akan kami terangkan 4 elemen yang pada dasarnya punyai peranan penting.

Drum Ketel

Elemen yang memiliki peranan sebagai penampungan air panas dan tempat terciptanya uap. Drum ketel memuat uap jemu (saturated steam) dengan perbedaan di antara 50% uap dan 50% air. Drum ketel umumnya dipasang sekat-sekat yang mempunyai tujuan supaya air tidak terikut oleh uap. Air dengan temperatur rendah akan turun ke bawah dan air yang punyai temperatur tinggi akan naik ke atas untuk selanjutnya menguap.

Baca Juga :   Ketidaksamaan Valve Ball, Valve Globe dan Valve Gate
Superheater

Superheater sendiri ialah elemen untuk tempat pengeringan steam, karena uap yang dibuat dari drum ketel masih pada kondisi basah hingga tidak dapat dipakai. Untuk proses pemanasan seterusnya memakai superheater pipe yang dipanaskan dengan temperatur 260°C – 450°C. Dengan temperatur barusan, uap pasti jadi kering dan dapat dipakai untuk gerakkan turbin atau untuk kepentingan perlengkapan yang lain.

Economizer

Economizer sebagai elemen yang meresap panas dari gas hasil pembakaran sesudah melalui superheater. Pemanasan ini ditujukan supaya ketidaksamaan suhu di antara air pengisi sama air yang ada pada drum ketel tidak begitu tinggi, hingga tidak ada thermal stress (tegangan yang muncul karena ada pemanasan) dalam main drum. Disamping itu, dengan manfaatkan gas tersisa pembakaran, maka tingkatkan efektivitas dari boiler dan proses pembangunan uap bisa lebih cepat.

Steam Air Heater

Elemen ini berperan memanasi udara untuk hembuskan bahan bakar agar terbakar prima. Udara yang bakal diembuskan, saat sebelum melalui air heater mempunyai temperatur yang serupa dengan temperatur udara normal, yakni 38°C. Tetapi saat lewat air heater, temperatur udara akan bertambah jadi 230°C.

Langkah Perawatan Boiler

Langkah Perawatan Boiler

Perawatan ketel uap atau pemeliharaan boiler sebagai rutinitas yang mempunyai tujuan supaya boiler selalu ada pada kondisi yang maksimal dan bekerja normal saat digerakkan. Nach, untuk tingkatkan performa perusahaan ada langkah-langkah dalam perawatan boiler ini, dan dipisah jadi :

  • Langkah perawatan boiler secara protektif (maintenance protektif )
  • Langkah perawatan boiler secara korektif (maintenancecorrective )
  • Langkah perawatan boiler secara reaktif (maintenance break down )
  • Langkah perawatan boiler secara mendeteksi dini (maintenance predictive )
  • Langkah perawatan boiler secara pro aktif (pemeliharaan proactive )

Arah lain perawatan supaya efisien dan maksimal dalam memakai boiler :

  • Jaga kualitas produksi tanpa mengusik kelancaran produksi
  • Tingkatkan kekuatan produksi
  • Jaga supaya boiler bisa bekerja dengan aman
  • Jamin persiapan operasional dari semua perlengkapan yang dibutuhkan pada kondisi genting setiap saat
Baca Juga :   Ketidaksamaan Valve Ball, Valve Globe dan Valve Gate

Elemen boiler yang tidak di pemeliharaan dengan teratur dan dengan sembarangan akan berpengaruh jelek yakni rugi untuk perusahaan. Untuk menghindar terjadi rugi itu, memerlukan kolaborasi antar staf atau petugas yang bekerja supaya tidak ada kerusakan pada boiler.

Begitu pembahasan berkenaan apakah itu boiler dan bagaimanakah cara perawatannya pasti menjadi rujukan Anda untuk ketahui semakin banyak berkenaan pengetahuan industri minyak dan gas. Untuk ulasan menarik yang lain dapat Anda saksikan dalam menu informasi di asitorboiler.com ya.

Scroll to Top